Mengenal Macam-macam Ayam Hutan

 Mengenal macam-macam Ayam Hutan (nenek moyang ayam)



Mari mengenal macam-macam Ayam Hutan
(nenek moyang ayam)


Dalam dunia ilmu pengetahuan, ayam hutan digolongkan ke dalam suku Phasianidae, suatu kelompok burung berbadan besar yang banyak menghabiskan waktunya di permukaan tanah. Jantan berbulu sangat indah. Sebaliknya, betina berwarna suram. Saat musim berbiak, pejantan akan sibuk berlenggak-lenggok, memperlihatkan keelokan bulunya dengan gerakan tertentu, untuk memikat sang betina pujaan hati.

Selain bulunya yang indah, burung dalam familia Phasianidae juga sering mengeluarkan suara yang nyaring dan merdu. Kaki dilengkapi taji yang runcing untuk mengais permukaan tanah dan bertarung memperebutkan betina. Kerabat dekat ayam hutan dalam suku ini meliputi: burung Puyuh, Sempidan, Kuau dan Merak.


Quote:



Merak Sempidan Merak



Saat ini terdapat 4 spesies ayam hutan yang semuanya hanya tersebar di Asia
Keempat jenis ayam hutan tersebut adalah:

Ayam hutan merah/Red Junglefowl (Gallus gallus, Linnaeus, 1758)
Ayam hutan abu-abu/Grey Junglefowl (Gallus sonneratii Temminck, 1813)
Ayam hutan Srilangka/Ceylon Junglefowl (Gallus lafayetii, Lesson 1831)
Ayam hutan hijau/Green Junglefowl (Gallus varius Shaw, 1798)



Quote:


Jenis-jenis ayam hutan Jantan. Searah jarum jam: Ayam hutan abu-abu Gallus sonneratii (kiri atas), Ayam hutan merah Gallus gallus (kanan atas), Ayam hutan Srilangka Gallus lafayetii (kanan bawah) dan Ayam hutan hijau Gallus varius (kiri bawah)



Ayam hutan jantan dan betina, mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda (sexual dimorfism). Untuk memikat betina saat musim berbiak, jantan dilengkapi warna bulu dan ornamen tubuh yang sangat indah oleh Sang Pencipta.

Kepala ayam hutan dilengkapi dengan jengger/pial beraneka rupa bak mahkota raja. Satu atau dua gelambir tumbuh menjuntai indah di bawah dagu yang menambah wibawa. Bulu di leher, punggung dan sayap tumbuh memanjang dengan kombinasi warna merah, kuning dan hijau yang sangat cerah. Warna gelap yang berkilauan menjadi latar belakang, mendominasi bagian bawah tubuh.


Quote:


Ayam hutan abu-abu Gallus sonneratii (kiri) dan Ayam hutan merah Gallus gallus(kanan).



Ayam hutan hijau Gallus varius(kiri) dan Ayam hutan Srilangka Gallus lafayetii(kanan)




Berbeda dengan jantan, tampilan ayam hutan betina terlihat begitu suram. Warna tubuh didominasi oleh kombinasi warna coklat, kuning gelap dengan sedikit campuran warna hitam dan putih di sekujur tubuh.

Warna bulu betina yang suram ini, merupakan adaptasi untuk memudahkan penyamaran (kamuflase), agar terhindar dari predator seperti kucing hutan, musang, ular sanca dan binatang buas lainnya.

Ayam hutan Merah/ Red Junglefowl (Gallus gallus Linnaeus, 1758)

Ayam hutan merah adalah jenis ayam liar yang paling dikenal. Daerah sebarannya sangat luas, mulai dari bagian timur Pakistan, India utara dan timur, Myanmar, barat daya Yunnan (RRC), Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Guangxi dan Pulau Hainan (tenggara RRC) hingga Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa dan Bali. Ayam ini kemudian diintroduksi ke Kalimantan, Filipina, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Tepian hutan dengan semak terbuka diselingi perdu, menjadi habitat favorit bagi ayam hutan merah.


Quote:




Ayam hutan merah termasuk jenis burung berukuran sedang hingga besar. Panjang total jantan berkisar antara 65-75 cm dengan kisaran berat 0,7 kg – 1,5 kg. Sedangkan betina memiliki panjang 40-45 cm dengan berat 0,5 – 1 kg.




Menurut MacKinnon et al. (2002), ciri-ciri ayam hutan merah jantan adalah jengger, muka dan gelambir berwarna merah, bulu leher terdiri dari kombinasi warna kuning, jingga, coklat dengan strip hitam vertikal di tengah, bulu tengkuk (tidak kelihatan di gambar, penutup ekor dan penutup sayap berwarna hitam bercampur hijau atau biru perunggu.

Bulu mantel berwarna coklat berangan, bulu ekor panjang, dengan warna hitam bercampur hijau berkilauan. Tubuh bagian bawah juga berwarna hitam kehijauan. Kaki abu-abu kebiruan dengan taji yang melengkung dan runcing. Secara sederhana, bagian-bagian tubuh ayam merah dapat dilihat pada gambar di atas.


Quote:

Sepasang Ayam hutan merah. Jantan (kiri) dan betina (kanan)

Ayam hutan merah betina berwarna coklat suram. Bulu leher kuning kecoklatan dengan coretan hitam vertikal di tengah bulu. Ayam hutan betina yang masih asli sama sekali tidak memiliki jengger, gelambir dan taji. Kalaupun ada, ukuran jengger dan gelambirnya sangat kecil. Profil ayam hutan merah jantan dan betina dapat dilihat pada gambar di atas


Quote:

Ayam hutan merah jantan sedang berkokok di atas pohon



Kukuruyuuuuuuk….. Ayam hutan jantan akan berkokok nyaring dari atas pohon, saat mentari mulai muncul di batas cakrawala. Kokoknya keras tapi tidak sepanjang kokok ayam kampung. Kokok ayam hutan juga tidak sepagi ayam kampung yang mulai berkokok sejak dinihari. Hal ini untuk menghindari datangnya hewan pemangsa, saat hari masih gelap. Jika tanah sudah benar-benar terang, ayam hutan akan turun menuju semak terbuka untuk mencari makan.

Ayam jantan memiliki beberapa macam suara kokokan dan panggilan yang kompleks. Kokok yang nyaring berfungsi untuk menegaskan kehadiran ayam jantan di tempat tertentu atau sebagai peringatan terhadap ayam jantan lain agar tidak melanggar batas teritorial. Saat menemukan makanan, ayam jantan akan memanggil betinanya dengan suara tertentu untuk mendekat agar lebih mudah dirayu. Jika melihat burung elang atau hewan pemangsa lainnya, ayam jantan akan memekik keras mengeluarkan nada peringatan.

Ayam hutan abu-abu/Grey Junglefowl (Gallus sonneratii Temminck, 1813)

Ayam hutan abu-abu adalah jenis ayam hutan endemik yang memiliki daerah sebaran terbatas di India. Ayam jantan memiliki warna dasar tubuh hitam dengan bintik berwarna merah tanah. Bulu di bagian punggung dan dada tumbuh memanjang seperti bulu ayam bekisar, didominasi warna abu-abu dengan pola yang indah. Bulu leher tidak sepanjang bulu ayam hutan merah, berwarna lurik hitam dan kuning.

Sebagaimana ayam hutan merah, ayam hutan abu-abu juga menggugurkan bulu lehernya, setelah lewatnya musim berbiak. Nama ilmiah ayam hutan merah, didedikasikan oleh J. C. Temminck, direktur Museum sejarah alam Leiden yang pertama, untuk menghormati penjelajah Perancis, Pierre Sonnerat.

Susunan bulu ekor sama dengan ayam hutan merah, kecuali bentuk bulunya yang lebih lebar dengan ujung yang tumpul. Jengger berwarna merah berpial bilah dengan gerigi yang halus. Muka juga berwarna merah dengan sepasang gelambir di bawah dagu. Kaki berwarna merah.

Berbeda dengan ayam hutan merah, ayam hutan abu-abu ini tidak mengepakkan sayapnya sebelum berkokok.


Quote:


Ayam Hutan Abu-abu



Ayam betina memiliki warna yang lebih suram. Pial/jengger dan gelambir di kepala tidak ditemukan, sebagaimana ayam hutan merah betina. Bulu bagian atas berwarna kuning kecoklatan bercampur merah tanah, ekornya berwarna coklat kuning kehitaman.

Ciri yang paling menyolok adalah bulu dadanya yang tumbuh memanjang dan melebar berwarna putih dengan ring hitam menitari tepi bulu. Pola dan warna bulu dada ini menjadikan ayam hutan abu-abu betina sebagai ayam betina terindah dibandingkan dengan spesies ayam hutan betina lainnya.




                                                      Ayam Abu-Abu Betina


Ayam hutan Srilangka/Ceylon Junglefowl (Gallus lafayetii, Lesson 1831)

Ayam hutan Srilangka adalah burung endemik yang memiliki daerah sebaran terbatas di Pulau Srilangka. Nama ilmiah ayam ini, didedikasikan oleh Rene Lesson, seorang ahli bedah angkatan laut dan naturalis berkebangsaan Perancis, untuk menghormati seorang bangsawan di negaranya, Gilbert du Motier-Marquis de La Fayette. Rene Lesson tercatat sebagai ilmuwan Eropa pertama yang melihat burung Cendrawasih di habitat aslinya, di Maluku dan Papua.

Ayam hutan Srilangka memiliki warna dasar hitam, dengan warna kuning keemasan di leher dan warna jingga gelap di sekitar punggung. Wajah berwarna merah dengan jengger merah berbentuk bilah besar yang bergerigi. Bagian tengah jengger berwarna kuning. Sepasang gelambir cukup besar menggantung di bawah dagu. Kaki berwarna kuning kemerahan dengan taji yang agak lurus dan runcing. Ekor memiliki warna hitam hijau keunguan dengan susunan yang serupa dengan ayam hutan merah.
Panjang ayam jantan berkisar 66-73 cm dengan berat 0,8-1,2 kg. Betina jauh lebih kecil, dengan panjang 30-35 cm dan berat 0,5-0,6 kg. Ukuran jengger akan mengecil setelah melewati musim nikah.


Quote:

Ayam Hutan Srilangka



Ayam betina memiliki warna tubuh coklat yang suram. Bulu dada agak besar dengan warna dasar coklat. Tepi bulu dada berwarna putih. Ciri khas dari ayam hutan Srilangka betina terletak pada bulu sayapnya yang berwarna belang antara coklat dan putih. Betina bersarang di tanah dengan 2-4 telur berwarna krem atau coklat.

Ayam hutan Srilangka memiliki perilaku bersarang yang unik dibandingkan ayam hutan lainnya. Ayam hutan betina cenderung bersifat polyandri dan berhubungan dengan beberapa pejantan yang masih bersaudara.

Pejantan paling dominan (pejantan alfa), bertugas mengawini betina dan siaga melindungi betina. Pejantan alfa memiliki bunyi kokok tertentu yang berfungsi seperti alarm, jika sesuatu yang berpotensi bahaya mendekati sarang.

Pejantan Beta yang lebih inferior, bertugas menjaga dan berpatroli agak jauh dari sarang betina untuk melindungi sarang dari predator atau pemangsa seperti ular dan musang. Telur akan menetas setelah dierami selama 20 hari.


Quote:

Ayam Hutan Betina Srilangka



Ayam hutan hijau/Green Junglefowl (Gallus varius Shaw, 1798)



Ayam hutan hijau adalah ayam hutan endemik Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Komodo, Flores, Rinca dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ayam ini termasuk burung berukuran besar, dengan ukuran panjang jantan berkisar antara 70-75 cm. Sedangkan betina, berukuran lebih kecil, yaitu berkisar 40-45 cm

Ayam hutan hijau memiliki bentuk dan warna yang paling unik di antara semua jenis ayam hutan, karena ciri-cirinya yang lebih menyerupai burung pheasant.


Quote:

Ayam Hutan Hijau




Pial/jengger dan gelambir ayam hutan hijau memiliki ukuran paling besar dibandingkan dengan jengger dan gelambir dari spesies ayam hutan lainnya. Jengger ayam hutan hijau berbentuk bilah yang sangat besar, berwarna merah muda dengan tepi membulat tanpa gerigi. Bagian tengah jengger berwarna biru muda dan kuning.

Gelambir yang menggantung di bawah dagu juga sangat lebar, berwarna merah muda. Tepi gelambir bagian bawah berwarna biru muda, sedangkan tepi gelambir bagian dalam berwarna kuning.



Quote:

Kepala dan dada ayam hutan hijau



Berbeda dengan bulu leher ayam hutan pada umumnya yang tumbuh memanjang dan sempit, bulu leher, tengkuk dan mantel ayam hutan hijau, tumbuh pendek, membulat atau sedikit meruncing dan tumpang tindih seperti sisik ikan. Bulu leher ini berwarna hijau, yang bisa berubah-ubah seperti warna minyak tanah di atas air (iridescent). Tepian bulu leher berwarna hitam. Fenomena gugur bulu (moulting) di bagian leher, tidak ditemukan pada ayam hutan hijau.

Bulu sayap atas tumbuh sempit memanjang, berwarna hitam dengan tepian berwarna jingga. Bulu pinggul juga berbentuk sama, hanya saja tepiannya berwarna kuning keemasan. Bagian bawah tubuh dan ekor berwarna hitam bercampur ungu dan hijau berkilauan.

Ayam hutan betina berwarna kuning kecoklatan, dengan garis-garis dan bintik hitam. Iris merah, paruh abu-abu keputihan. Jengger dan gelambir tidak ada. Kaki kekuningan atau agak kemerahan tanpa taji.


Quote:

Ayam hutan Hijau Betina



Ayam hutan hijau menyukai daerah terbuka, tepi hutan, padang rumput dan daerah berbukit dekat pantai. Ayam ini cenderung hidup berkelompok dengan anggota 2-7 ekor. Saat pagi dan sore hari, ayam hutan jantan akan memimpin beberapa ekor betina beserta anaknya, menuju padang rumput atau daerah terbuka untuk mencari makan atau menuju sumber air untuk minum. Makanannya terdiri dari biji-bijian, serangga, pucuk rumput dan daun serta hewan kecil seperti jangkrik, lipan, kadal dan katak kecil.

Seringkali, ayam hutan hijau akan bergabung dengan banteng, sapi, rusa dan kerbau, untuk menangkap serangga yang beterbangan, karena terusik oleh pergerakan hewan besar yang sedang merumput itu. Kadang-kadang, ayam ini juga akan mengais kotoran hewan besar tadi, untuk mencari biji-bijian yang masih tersisa atau menangkap serangga yang mengerumuni kotoran tersebut.

Saat terik mulai menyengat di siang hari, ayam hutan hijau akan segera kembali, memasuki keremangan tajuk hutan, untuk berlindung. Saat senja menjelang, kelompok ayam ini akan terbang ke atas rumpun bambu, perdu dan palem pada ketinggian 2-8 meter untuk beristirahat melewatkan malam.











Comments

  1. Ayam hutan Sumatera asli silang ayam hutan hijau bagus yaa. Kiranya... Salam kukuruyuuk dari ayam hutan Sumatera asli..

    ReplyDelete
  2. ===> BONUS BUAT MEMBER BARU! <===

    DONACOPOKER adalah web judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-bermain-kartu-remi/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/rumus-permainan-ceme-online/
    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/promo-freechip-bulan-september/

    Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  3. PROMO NEW MEMBER

    Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di perwakilan judi online yg berderajat International, sah dan terpercaya hanya di bolazeus.

    Juga Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan sport di dunia.
    judi online deposit pulsa

    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

    ReplyDelete
  4. BISA DEPOSIT PAKE PULSA

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yg merupakan master bandar bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di http://104.248.148.252/.

    Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man terhadap beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    zeusbola livechat

    Ayo join sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  5. Zeus Slot Deposit Pulsa Menyediakan Berbagai Jenis Permainan Slot Deposit Pulsa Untuk Para Penggemar Judi Mesin Slot Bersama http://104.248.148.252/.

    Kami Juga Menyediakan Deposit Via :

    • ALL BANK
    • PULSA
    • OVO
    • GOPAY
    • LINKAJA
    • DANA

    Menyediakan Permainan Lainnya Seperti :

    • Sabung Ayam S128, Sv388, Kungfu Chicken
    • Bola Tangkas
    • Togel Online
    • Tembak Ikan (JOKER123)
    • Sbobet
    • Maxbet

    Nikmati Seluruh Fasilitas Yang Disediakan Oleh Agent Zeusbola Slot Online.

    Jangan Lupa Ajak Temannya Untuk Bergabung & Aktif Bermain.

    Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

    DAFTAR Judi Slot Deposit Pulsa – Slot Pulsa
    http://104.248.148.252/register

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Contact Person Us :
    Link : Www.zeusbola.win
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :
    https://medium.com/@marketingzeusbola/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa-5f730916ecd1

    http://134.209.98.69/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa/

    Daftar Judi Online Deposit LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
    Daftar Slot Deposit LinkAja — Daftar Slot LinkAja



    Poker Pulsa
    Judi Poker Pulsa
    Slot Pulsa
    Judi Slot Pulsa

    ReplyDelete
  6. Suka bermain Slot??? atau cari Slot yang banyak permainan nya???
    Klik >>>>>>> Permainan Slot gratis

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar Slot

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  7. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....
    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  8. BONUS 10% SETIAP HARI

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan buat pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di peserta judi online yg berkedudukan International, valid dan terpercaya hanya di judi via pulsa.

    Juga Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.pw/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.pw/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit sabung ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    login zeusbola
    link alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  9. ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Deposit Pulsa
    Menerima Deposit via E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Pendaftaran : http://zeusbola.asia

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 30 Juli 2020

    ReplyDelete
  10. Agen Judi Slot Terpercaya Dan Terbaik
    Alasan Kenapa Kamu Harus Bermain Judi Di Museumbola
    * Permainan Lengkap dari A sampai Z
    * Opsi Deposit Banyak Seperti Bank, E-Cash , PULSA
    * Semua Rekening Bank termasuk Bank Daerah Bisa Di Daftarkan
    * Bonus Banyak
    * Deposit 2 Menit
    * Withdraw 5 Menit Paling Lama
    * Cs Professional 24 Jam Online
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Aztec Gem
    Slot Caisen Cash

    Situs Judi Slot Pulsa
    Slot Pulsa
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Slot Deposit Pulsa
    Judi Slot
    Slot Online Deposit Pulsa
    Museumtoto
    slot deposit via dana
    Museumbola
    Login Museumbola
    Alternatif Museumbola
    demo slot pragmatic

    ReplyDelete
  11. CLUB388CASH SLOT & CASINO ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Situs Slot Online Indonesia Club388
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    ReplyDelete
  12. COBA BERMAIN DAN RASAKAN SENSASI JACKPOT BERSAMA BOLAVITA !!
    PROSES DEPO & WD CUKUP TERCEPAT (24 JAM NONSTOP)
    DEPOSIT MELALUI BANK TERNAMA DI INDONESIA, E-WALLET & PULSA TANPA POT RATE

    DAPATKAN JUGA PROMO BONUS MENARIK :
    WELCOME BACK
    BONUS NEW MEMBER
    BONUS EVERYDAY
    BONUS ROLLINGAN
    BONUS REFERRAL

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan.

Popular posts from this blog

Cara Menjinakkan Ayam Hutan Asli

Cara Membuat Jerat/ Racik Ayam Hutan

BAGAIMANA MENGETAHUI AYAM HUTAN MERAH MURNI /ORIGINAL